Tips memilih Engsel Pintu. Ada berbagai tipe engsel yang bisa digunakan untuk pintu tergantung berbagai jenis pintu dan bukaan yang diinginkan. Engsel memungkinkan pintu bisa membuka dan menutup dalam dua arah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih engsel pintu. Diantaranya adalah berat pintu, lebar dan tinggi pintu, dan arah bukaan pintu. Kekuatan engsel pintu juga harus menjadi perhatian khusus karena jika tidak sesuai dengan beban pintu akan mengakibatkan engsel cepat rusak.
Bahan engsel harus menjadi perhatian utama dalam memilih engsel pintu. Jika mempunyai  budget yang cukup, pilihlah engsel yang terbuat dari stainless steel. Sebab bahan stainless steel tahan karat dan relatif tahan aus.

Selain bahan stainless ada juga engsel yang terbuat dari besi. Engsel dari besi sangat mudah berkarat jika tidak sering diberi pelumas. Selain itu, engsel dari besi mudah aus karena terjadi korosi.

Selain bahan, ukuran harus disesuaikan dalam memilih engsel pintu. Pintu utama dengan tinggi standar 220 cm dan lebar 80-90 cm lebih baik menggunakan engsel pintu ukuran 4 Inchi dan 5 inchi. ukuran standar engsel yang beredar dipasaran untuk pintu biasanya ukuran 4 dan 5 inchi. Ukuran 5 Inchi sangat direkomendasikan karena mampu menahan beban lebaih berat.

Untuk pintu dengan tinggi standar 210 cm pemasangan dengan dua buah engsel pintu sudah cukup. Jika tinggi pintu diatas 220 cm bisa disiasati dengan memasang tiga buah engsel, dua engsel di bagian atas dibuat dengan jarak lebih rapat.

Saat ini engsel juga dilengkapi dengan kunci L pengaman sehingga tidak mudah dibongkar oleh pencuri. Dipasaran ada berbagai merk yang beredar dengan berbagai rentang variasi harga, beberapa mer yang cukup terkenal adalah SES, Gerber, Welner, Maverick, Dekson, dan Beleza. Memilih engsel pintu haruslah mempertimbangkan dua hal penting yaitu keawetan dan keamanan.¬† Semoga tips memilih engsel pintu ini bermanfaat bagi anda…