Pintu Kayu Wajib Kering atau Oven Agar Tidak Bengkok. Pernahkah kita melihat pintu kayu yang retak atau bengkok? Pada kasus yang lain pintu sulit ditutup dan melengkung.

Pintu yang terbuat dari kayu solid sangat rentan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Pintu kayu harus mendapat perhatian ekstra mulai dari proses pembahanan hingga pemasangan dan finishing.

Jika pintu terbuat dari kayu yang kadar airnya diatas 15% bisa dipastikan pintu lambat laun akan memuai sehingga mengakibatkan keretakan pada sambungan dan pintu bengkok. Usahakan membeli pintu dengan mengecek kadar air melalui MCmeter atau pastikan vendor anda menggunakan kayu yang sudah di oven atau kiln dry (KD).

Muai susut kayu akan lebih besar lagi jika menggunakan material kayu kelas lunak atau medium seperti kayu meranti, nyatoh, mahoni, dan akasia.

Anda juga bisa mengantisipasi masalah pada pintu dengan membeli pintu kayu engineering yang sudah dilapisi veener. Pintu kayu engineering terbuat dari potongan-potongan kayu kering yang dilaminasi sehingga keregangan tiap sisinya bisa diantisipasi. Pintu engineering nampak sama seperti pintu kayu solid, kelemhannya biasanya terjadi pada lapisan veenernya yang akan mengelupas setelah beberapa tahun

Demikian sedikit info mengenai masalah pintu kayu yang bengkok, retak, atau susut karena terbuat dari kayu basah. Semoga bermanfaat…