pintu sliding

Mengenal Pintu Sliding dan Perawatan Pintu Sliding. Pintu geser atau yang biasa disebut dengan slidding door merupakan akumulasi dari bentuk pintu yang trend saat ini. Penggunaannya pun tidak hanya pada mobil, maupun alat lainnya, namun juga untuk berbagai bangunan seperti rumah. Pintu ini memang dinilai lebih memiliki nilai estetika yang tinggi dan lain daripada yang lain.

Ini adalah bentuk kreasi modern pada sebuah pintu yang di desain dengan lebih unik dan menarik, sehingga tidak jarang orang yang menyukainya. Kini pintu geser telah banyak digunakan sebagai pelengkap furniture yang anggun. Misalnya saja penggunaan pada almari baju, rak buku, dan kamar.

Pintu sliding mempunyai sisi unik tersendiri, dan punya nilai seni lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk pintu yang lainnya. Pintu sliding hanya membutuhkan ruang yang sedikit dalam penggunaannya, sehingga dapat menghemat ruangan  dan ternilai dengan lebih praktis serta rapi. Inilah keunggulan dari pintu sliding geser yang utama.

Jika digunakan pada furniture rumah, pintu Sliding memiliki nilai efisiensi yang cukup tinggi pula, gampang untuk dioperasikan  sehingga lebih memudahkan kita untuk meletakkan barang- barang yang ada di dalam furniture tersebut. Jadi dengan keunggulan seperti inilah yang menjadi alasan kenapa pintu geser lebih diminati. Namun demikian alat yang satu ini pun juga tetap memiliki beberapa kelemahan, diantaranya ialah komponennya yang memiliki lebih banyak kerumitan, sehingga jika rusak membutuhkan kejelian yang lebih untuk memperbaruinya.

Kelemahan pintu Sliding adalah jika mengalami kerusakan maka yang harus dilakukan ialah dengan cara mereparasi ulang pintu tersebut. Kemudian karena pintu ini bergantung pada pergeseran roda yang dilengkapi dengan rel, maka relnya pun sering mengalami masalah, misalnya bila ditarik akan terasa berat, jika ditarik berbunyi, maupun tuasnya aus sehingga terlalu mudah untuk tertarik dan mudah bergeser tidak menutup, maka dari itu perawatan yang khusus pun juga harus dilakukan dalam model pintu seperti ini. Material dari pintu sliding bermacam-macam, mulai dari pintu kayu, kaca, wpc, dan alumunium.

Jika anda memiliki dan kebetulan menyukai pintu sliding, ada beberapa hal terkait perawatannya yang harus dilakukan. yaitu:

  •   Dengan memberikan pelumas roda secara teratur. minimal satu minggu sekali agar roda tidak mengalami kekeringan pada alat geraknya sehingga akan mudah untuk ditarik.
  •   Selanjutnya ialah dengan cara membuat bantalan rel yang baik sehingga tidak aus dan penggunaannya pun tidak terganggu.
  • Jika roda pada furniture maka minimalkanlah isi yang ada didalamnya, sehingga proses buka tutup pintu geser tidak terhambat dan menimbulkan kerusakan.
  •   Tutup dan bukalah pintu geser ini dengan halus, jangan sampai dalam penggunaannya menimbulkan suara yang keras maupun terbanting sehingga akan menyebabkan bantalan aus dan rusak.
  • Jangan melakukan gerakan buka tutup berulang- ulang secara bersamaan, sehingga kondisi pintu Sliding gesernya pun akan tetap stabil

Demikianlah info dan cara perawatan Pintu sliding, semoga bermanfaat.