memilih pintu cat duco

Panduan Memilih Pintu Cat Duco untuk Eksterior dan Interior. Mengecat pintu dengan cat duco banyak dipilih untuk desain rumah model klasik maupun kontemporer. Pintu dengan cat duco warna putih paling banyak disukai sebab memberi kesan elegan dan bersih. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita hendak membeli atau memilih pintu cat duco.

Saat ini cat duco untuk pintu ada dua jenis yaitu cat yang berbahan solvent dan cat yang berbahan waterbase. Cat yang berbahan solvent base mempunyai bau yang tajam karena campuran kimianya yang tinggi. Sementara cat waterbase cenderungtidak berbau dan lebih ramah lingkungan.

 

Memilih Pintu Cat Duco: Pintu Eksterior

Pintu eksterior membutuhkan daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca dan terpaan air hujan sehingga membutuhkan cat yang berkualitas tinggi. Dipasaran, cat duco berbasis solvent ada dua jenis yaitu yang satu komponen dan 2 komponen.

Usahakan memilih cat yang berkualitas baik yang tahan gores dan tidak menguning (Yellowing). Cat duco pada pintu terutama warna putih lama-kelamaan berpotensi untuk menguning dan kusam, sehingga membuat tampilan rumah menjadi seperti tidak terawat. Cat duco yang tidak menguning biasanya berjenis Cat PU (Pollyurethane) biasanya secara umum disebut dengan cat Piyu.

Cat PU mempunyai daya tahan tinggi terhdap goresan, mempunyai kilap yang sangat bagus, dan tidak menguning atau non yellowing. Ini tentu membuat tampilan rumah semakin menawan.

Selain cat berbasis solvent, cat pintu eksterior juga bisa menggunakan cat berbasis air atau waterbase. Saat ini teknologi cat waterbase sudah sangat tinggi sehingga cepat kering dan mempunyai tampilan yang bagus.

 

Memilih Pintu Cat Duco: Pintu Interior

Memilih pintu cat duco untuk interior tentu yang harus menjadi prioritas utama selain keindahan dan hasil kahir yang bagus adalah faktor kesehatan. Pintu interior rumah biasanya terletak didalam untuki pintu kamar atau pintu koridor. Pintu interior sering digunakan interaksi anggota keluarga dan anak-anak, sehingga faktor cat yang sehat harus jadi pertimbangan.

Cat untuk pintu interior disarankan menggunakan cat yang rendah timbal atau voc, cat berbahan solvent biasanya tinggi voc dan mempunyai campuran thinner yang berbau menyengat. Jika ingin menggunakan cat solvent pilihlah cat yang rendah VOC, biasanya cat berbasis PU 2 komponen rendah VOC.

Lebih aman lagi jika memilih bahan yang berbasis air atau waterbase, Cat berbasis air selain tidak berbau, tidak mengandung timbal, dan ramah lingkungan.