Mengenal Pintu MDF. Seiring perkembangnya waktu, material pembuat pintu mengalami perubahan bentuk dan material pembuatannya. Memang pintu dari kayu solid masih menjadi favorit pengguna. Namun alternatif bahan bakunya semakin beragam, mulai dari almunium, PVC, plywood atau triplek, HDF, dan MDF.

Saat ini dalam dunia industri pintu, MDF mulai digunakan secara massif karena sangat mudah diolah dan mempunyai hasil akhir rang indah dan merata. Pintu yang terbuat dari MDF biasanya dilapisi dengan material Veener yang menyerupai serat kayu.

Pada industri manufaktur sekala besar, pintu MDF langsung diukir menggunakan mesin CNC Router sehingga bisa diproduksi secara masssal dan full otomatis.

 

Mengenal MDF (Medium Density Fibreboard)

MDF atau Medium Density Fibreboard adalah material kayu olahan yang kerap menjadi pilihan para disain interior untu pembuatan furniture, karena memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

    • Permukaannya sangat halus, sehingga MDF cocok sebagai bahan dasar pembuatan panel pintu, meja, dll.
    • Ikatan antar materialnya sangat kuat dan solid, sehingga MDF cocok sebagai bahan dasar moulding/ profil.
    • MDF memiliki daya serap suara yang sangat baik, sehingga MDF cocok sebagai bahan dasar produk sound system.

 

MDF terbuat dari kumpulan kayu berdiameter kecil yang diproses menjadi bubur kertas dan kemudian diberi campuran wax dan lem, kemudian. Tahap selanjutnya adalah memberi tekanan dan panas tertentu untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan.

 

Permukaan MDF bagian atas dan bawah dibedakan berdasarkan kekilapannya, hal ini disebabkan karena perbedaan tekanan pada saat proses produksi. Ukuran standar MDF sama dengan ukuran material kayu olahan lainnya (seperti plywood, teakblok, multiplek, dll) yaitu 1220 x 2440 mm, dengan ketebalan meliputi 3 hingga 25mm (4, 6, 9, 12, 15, 18 & 25 mm)

 

Sebagai kayu olahan, MDF memiliki beberapa kelemahan, al :

  • Air mudah meresap pada sisi tebal/ yang tidak berkilap/ bagian bawah
  • Sekrup kurang kuat/ optimal pada sisi tebal (disarankan menggunakan baut/ paku khusus jika menggunakan MDF)
  • Lem putih tidak bekerja secara efektif pada permukaan
  • Tidak mengikat paku sekuat kayu solid

Faktor penting yang perlu diperhatikan jika menggunakan kayu olahan yaitu dampaknya bagi kesehatan, karena pada dasarnya setiap papan kayu buatan apakah itu MDF, plywood, multiplek, dll. menggunakan lem yang dibuat dari resin formaldehyde untuk merekatkan partikel kayu dan debu menjadi lembaran.

Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, tenggorokan, bahkan paru-paru. Menurut IARC (International Agency for Research on Cancer), debu kayu dan formaldehyde merupakan penyebab kanker, sehingga untuk pemakaiannya perlu diperhatikan secara lebih seksama.

 

Pembagian kategori MDF berdasarkan karakteristiknya :

  • Exterior Grade MDF : MDF dengan spesifikasi khusus untuk ruang eksterior karena telah diberi lapisan yang tahan terhadap perubahan cuaca, MDF jenis ini dapat dipasang pada dinding bagian luar bangunan yang bersinggungan langsung dengan cuaca.
  • Fire Retardant MDF : MDF dengan lapisan tahan api, yang cocok untuk ditempatkan pada ruang-ruang yang bersinggungan dengan sumber api/ sumber panas, seperti dapur, ruang genset, dll.
  • Flexible MDF : MDF dengan design khusus, sehingga mudah ditekuk, dengan MDF jenis ini, disain interior dapat berexpresi lebih “lepas” karena terbebas aturan-aturan teknik yang menghalanginya.
  • High Density MDF : MDF dengan tingkat kepadatan material yang lebih tinggi, sehingga memiliki kekuatan lebih dibandingkan MDF jenis lainnya. MDF jenis ini umumnya dipergunakan sebagai bahan dasar pembuatan texture MDF & router MDF.
  • Moisture Resistant : MDF dengan lapisan anti lembab, sehingga dapat ditempatkan pada ruang-ruang service yang basah, seperti KM/WC, dapur, dll.
  • Standart MDF : MDF yang paling banyak beredar di pasaran, karena memiliki harga yang lebih murah dibandingkan MDF jenis lainnya.
  • Ultra Light MDF : MDF dengan berat lebih ringan 30% dibandingkan MDF standar, dengan menggunakan MDF jenis ini biaya konstruksi menjadi lebih ekonomis. MDF jenis ini sangat ramah lingkungan, karena termasuk kategori E1 (rendah emisi resin/ hanya mengandung sedikit resin) sehingga aman bila digunakan. Produsen otomotif, pesawat terbang, sound system, dll. merupakan pengguna terbanyak MDF jenis ini.

Karena kemudahan dalam pengolahannya, beragam produk barang berbahan baku MDF dihasilkan kemudian, pada perkembangannya kemudian, beragam produk dihasilkan dari MDF.

Kata Pencarian:

cara membuat pintu triplek,cara membuat pintu dari triplek,daftar harga kunci pintu rumah,cara memperbaiki daun pintu yang melengkung,harga pintu plywood,harga daun pintu triplek,harga pintu rumah plywood,cara membuat pintu kayu minimalis,cara membuat daun pintu dari kayu,pintu buatan pabrik,jual papan mdf bekasi,cara buat pintu dari triplek,teknik membuat daun pintu,membuat pintu dari triplek,cara membuat daun pintu,cara buat pintu triplek,cara bikin pintu kayu,harga daun pintu multiplek,cara bikin pintu dari triplek,cara membuat pintu mdf,jual kayu mdf bekasi,cara membuat pintu koboi,cara membuat daun pintu minimalis,papan kayu MDF,pintu plywood,harga engsel pintu gerber,cara membuat pintu rumah dari triplek,Pintu dari multiplek,cara membuat furniture dari triplek,cara buat pintu rumah,jual kayu mdf malang,jenis mata profil kayu,harga mesin pembuat triplek,daun pintu dari triplek,daun pintu buatan pabrik,industri pabrik pintu hdf,cara buat daun pintu,cara membuat panel pintu kayu,cara membuat pintu dari papan,desain pintu triplek,jual mdf di medan,pintu kayu buatan pabrik,cara membuat pintu panel,gambar pintu triplek,jual papan mdf di malang,jual kayu mdf di bekasi,jual pintu cowboy,tutorial membuat pintu kayu,jual papan MDF di bekasi,cara membuat panel pintu,jenis mata mesin profil kayu,meubel pintu triplek dimalang,harga triplek blockboard,industri pintu mdf,harga mata profil kayu,tehnik membuat pintu kayu,membuat panel pintu,cara bikin pintu kayu dengan bahan mdf,toko mdf di malang,mata profil kayu,cara membuat pintu rumah dari bahan resin,membuat pintu dari multipleks,pabrik kayu mdf di bekasi,harga daun pintu triplek malang,mesin panil kayu,cara membuat pintu dengan mesin router,jual mdf kota malang,membuat pintu dengan mata profil,membuat daun pintu rumah,membuat daun pintu dari tripleks 12 mm,kayu multiplek adalah,Macam macam lis profil pintu,membuat daun pintu minimalis,jual papan mdf ditambun,mata mesin profil kayu,mata panel pintu,matrial pintu plywood di comal pemalang,mdf board bekasi,kelemahan pintu partikel,jual daun pintu malang,gambar panel dinding multiplek,desain pintu rumah dengan triplek,daftar harga multiplek,daftar harga mdf dunia mebel malang,cara merangkai pintu panel,cara menggunakan mesin profil kayu,cara mengganti alat pada papan panel saon sistem,cara membuat pintu minimalis dari triplek,cara membuat panel pada pintu,gambar produksi pabrik triplek,harga bahan-baha pembuatan pintu triplek,Jenis mata profil untuk pembuatan pintu,furniture triplek,cara bikin daun pintu dari kayu,harga pintu kayu atau triplek langsung jadi,harga pintu buatan,harga mata propil panil daun pintu,harga list dari triplek,harga high moisture resistant mdf,harga hardboard untuk furniture